Kuliner Khas Solo

Nasi liwet

Makanan dari bahan beras ini menjadi sajian pertama yang harus anda cicipi. Nasi liwet merupakan makanan khas Solo yang penyajiannya di atas daun pisang dengan isi nasi gurih, sayur sambel goreng labu siam, suwiran daging ayam, telur kecap, kuah opor, dan kumut (santan kental). Makanan khas ini bisa anda temui di sudut-sudut kota solo, umumnya nasi liwet menjadi santapan saat sarapan. Penjual nasi liwet yang sudah melegenda adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang bertempat di jl. Teuku Umar (dekat Keraton Mangkunegaran).

Gudeg ceker

Jika pagi hari anda sarapan nasi liwet jangan lewatkan makan malam anda di kota Solo dengan sajian gudeg ceker yang khas dan menggoda. Makanan yang mirip dengan gudeg Yogya ini menjadi khas dengan sajian ceker sebagai teman nasi dan sayur nangka. Jika anda ingin menikmati makanan ini, anda bisa datang ke warung gudeg ceker Bu Kasno yang beralamat di Margoyudan (dekat SMAN 1 Solo).

Tengkleng

Makanan satu ini hanya bisa anda jumai di Solo. Tengkleng, sajian yang dibuat dari olahan daging kambing dan berkuah ini memang nikmat anda santap sebagai kudapan kala senja atau siang hari. Yang menjadi khas dari sajian ini adalah daging yang digunakan hanya berupa tulang dengan sedikt daging yang menempel dan jeroan kambing sebagai pendampignya. Tengkleng yang sudah melegenda di kota Bengawan ini dapat anda jumpai di warung Bu Ediyem, di samping Gapura Pasar Klewer. Di sini anda tak hanya bisa menikmati tengkleng yang sedap, namun juga bisa membeli oleh-oleh batik di pasar Klewer.

Timlo

Timlo merupaka sajian kita berikutnya. Makanan yang mirip dengan soto dan soup ini merupakan makanan khas Solo yang banyak dicari para pelancong. Timlo terdiri dari potongan daging ayam, sosis solo yang dipotong, telur pindang (telur kecap), kentang goreng, wortel, bihun, dengan kuah mirip soup akan lebih nikmat jika di atasnya dibauri bawang goreng. Timlo sangat cocok anda santap selagi hangat dan bisa anda tambahkan nasi.

Selat solo

Makanan yang diilhami dari masakan barat ini menjadi khas Solo karena disajikan dengan racikan bahan-bahan dan bumbu khas Jawa yang nikmat dan penuh cita rasa. Masakan hasil perpaduan budaya barat dan Jawa ini berisi daging sapi iris, wortel, buncis, kentang goreng, telur rebus, tomat segar, daun selada, mustard yang disiram dengan kuah coklat manis akan lebih nikmat dengan taburan irisan bawang merah mentah dan acar timun.

Cabuk rambak

Makanan khas Solo yang terbuat dari ketupat yang disiram dengan bumbu sambel wijen ini akan menjadi camilan yang cocok untuk menemani perjalanan anda mengelilingi Solo. Makanan ini akan semakin nikmat jika disantap bersama karak, kerupuk yang dibuat dari bahan baku beras. Camilan ini bisa anda jumpai di pasar-pasar tradisional di kota Solo seperti di pasar Windujenar, Ngarsopuran.

Srabi

Srabi yang ada di Solo ini berbeda dengan surabi yang ada di Jawa Barat. Srabi atau serabi ini terbuat dari tepung beras, santan, garam, dan gula yang dimasak dalam wajan kecil di atas bara api dari areng. Cara memasak ini sama dengan cara memasak surabi Jawa Barat. Namun srabi Solo memiliki tekstur yang lebih kenyal bila dibandingkan dengan surabi. Rasa legit dan manis membuat camilan ini cocok untuk menemani anda menikmati secangkir teh hangat atau minuman lainnya. Srabi yang sangat khas Solo ini bisa anda dapatkan di sepanjang jalan Notosuman.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s