Sejarah Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan pusat jual beli sandang terbesar yang ada di Jawa Tengah. Sejarah Pasar Klewer bermula dari kegiatan yang dilakukan oleh para pedagang yang menjual dagangannya dengan cara membawa dagangannya diatas bahu, sehingga banyak dagangannya yang berjatuhan, dlam istilah jawa sering disbeut “kleweran” . sehingga sampai sekarang pasar ini disebut dengan pasar klewer. Lambat laun pusat perdangan ini berkembang menjadi salah satu pasar sandang terbesar yang berada di area jawa tengah. Awalnya ternyata pasar klewer terletak di sebelah timur pasar legi solo, kemudian dipindah ke daerah slompretan sehingga juga dikenal dengan nama pasar slompretan. Sewaktu terletak di pasar slompretan, tempat ini menjadi pusat jual beli sandang antara tahun 1947 sampai tahun 1967. Sehingga mulai tahun 1968 mulilah dibangun pasar yang lebih representatif dengan rancangan arsitektur yang disesuaikan dengan kota solo.  Kemudian pada tahun 1971 presiden ke dua indonesia yaitu presiden soeharto meresmikan pasar ini sebagai pusat grosir sandang terbesar yang terletak di jawa tengah. Tidak hanya itu, kota solo yang menjadi pusat industri kerjainan batik juga menyokong pasar ini menjadi pusat kulakan batik terbesar di area jawa tengah.

Gerbang Pasar Klewer

Sistem yang ada di pasar ini memang masih dikelola menggunakan sistem tradisional, walaupun dikelola menggunakan sistem tradisional tetapi ternyata pasar klewer menyumbang APBD kota solo yang cukup besar, mengingat perputaran uang yang terjadi di pasar ini sekitar 7 miliar perhari, sekarang sudah melampaui sekitar 12 miliar per hari.

Keunikan Pasar Klewer

Ada satu keunikan yang menjadi salah satu ciri yang terdapat di kota solo, yaitu kraton, tempat beribadah dan pasar yang terdapat dalam satu komplek. Pasar klewer merupakan salah satu pasar di jawa tengah yang terletak dipusat kota solo. Selain menjadi pusat kulakan sandang terbesar di jawa tengah, pasar ini juga tempat tujuan wisata belanja, karena letaknya dismping barat persis kraton kasunanan surakarta hadiningrat. Sehingga para pengunjung kraton bisa langsung membeli cinderamata karton surakarta dan cinderamata kota solo dipasar klewer karena letaknya sangat berdekatan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s